Alokasi Mahasiswa Sains-Keteknikan Lebih Diutamakan

Program studi sosial di perguruan tinggi masih lebih diminati oleh mahasiswa ketimbang bidang eksakta. Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan (Kemristek dan Dikti) akan melakukan pemetaan mengenai jumlah persis ahli-ahli sosial yang dimiliki, agar tidak ada prodi tertentu yang memiliki jumlah mahasiswa membeludak, sementara lulusannya tidak terserap dunia kerja.

image

image

image

Jurusan yang tidak berkaitan langsung dengan rencana pembangunan, kuota akan dibatasi. Prodi-prodi yang terkait langsung dengan rencana pembangunan dan inovasi, seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Kelautan, akan diberi afirmasi oleh Kemenristek dan Dikti berupa prioritas kuota.

image

image

Pergeseran alokasi jumlah mahasiswa dari bidang ilmu sosial-humaniora ke ilmu sains-keteknikan diperlukan untuk memasok sumber daya manusia berkualitas ke bidang pembangunan.

Kepala Subdirektorat Pendidikan Tinggi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas Amich Alhumami mengatakan, penyusunan kebutuhan SDM lulusan PT perlu juga memperhatikan peta pusat ekonomi dan unggulan wilayah. Hal ini sekaligus untuk menata prodi yg ada agar terjadi keseimbangan antara sosial humaniora dan sains teknik.

Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) Jamhari, mengatakan untuk mewujudkan kedautan pangan, prodi pertanian yg jumlahnya sekitar1.500 bisa diandalkan. Namun, pendidikan pertanian Pt lebih menekankan pada sains atau ilmunya, padahal kemampuan pratik juga dibutuhkan.

Tantangan saat ini adalah menghasilkan petani generasi kedua yang modern, yang mengembangkan pertanian dengan ilmu dan teknologi. Profesi-profesi barbasis digital akan semakin dibituhkan.

(berita disadur dari : Kompas 6/4
Foto-foto dari berbagai sumber)

Note:
afir·ma·si n 1 penetapan yg positif; penegasan; peneguhan; 2 pernyataan atau pengakuan yg sungguh-sungguh (di bawah ancaman hukum) oleh orang yg menolak melakukan sumpah; pengakuan
alo·ka·si n Ek 1 penentuan banyaknya barang yg disediakan untuk suatu tempat (pembeli dsb); penjatahan; 2 penentuan banyaknya uang (biaya) yg disediakan untuk suatu keperluan: Pemerintah memberi — dana kpd tiap desa untuk membangun gedung sekolah dasar; 3 Sos pembagian pengeluaran dan pendapatan (di suatu departemen, instansi, atau cabang perusahaan), baik dl perencanaan maupun pelaksanaannya; 4 Man penentuan penggunaan sumber daya secara matematis (msl tt tenaga kerja, mesin, dan perlengkapan) demi pencapaian hasil yg optimal;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s