Kepiting Wideng (sesarma spp)

          Jenis kepiting sesarma spp adalah jenis kepiting bagian dari ekosistem mangrove atau hutan bakau yang diistilahkan masyarakat pesisir Pantai Jawa sebagai wideng. Wideng yang kami temukan ini berwarna hijau agak kehitaman dan ada pula yang berwarna jingga. Beragam spesies wideng telah ditemukan di kawasan pesisir atau hutan mangrove. Beberapa diantaranya, Sesarma reticulatum, Sesarma rizophoraeRathbun, dan S. sulcatumSmith.
Menilik kebiasaan hidupnya, sesarma spp lebih banyak beraktivitas di daratan/tanggul tambak dan pantai, sesekali berlindung di lobang sebagai rumahnya. Wideng termasuk binatang nokturnal (aktif dimalam hari). Wideng jarang dimakan orang, mengingat daging wideng sering menimbulkan pusing kepala ( mendem/jawa ). Wideng terkenal dengan larinya yang super cepat, maka tidak mudah menangkap binatang yang satu ini.
image

Gambar wideng yang kami temukan mati di akhir musim panas 2014.

Hewan ini sering memakan bibit mangrove muda, sehingga ia dianggap sebagai hama tanaman mangrove. Notabene, mangrove sangat diperlukan untuk menjaga pantai dari abrasi.
image

image

Untuk menanggulagi besarnya populasi wideng, jenis kepiting bakau atau kepiting rawa scylla spp mulai dibudidayakan.

image
gb. Kepiting hijau

Kepiting jenis scylla serrata atau giant mudcrab atau kepiting hijau menjadi spesies yang banyak dibudidayakan sebagai sumber pangan sebab nilai gizinya yang tinggi. Hanya saja, Spesies ini juga merupakan salah satu invasif paling dibenci di dunia. Peneliti dari Cape Cod, Massachusetts menemukan bukti kepiting itu dapat membalikkan kondisi dalam beberapa dekade yang mengakibatkan kerusakan spesies lain.

Sifat Kepiting hijau scylla serrata yang sangat agresif dan menguasai sebagian besar garis pantai di dunia kerap mengusir atau membunuh spesies asli. “Spesies itu pemakan segala. Tapi, di New England (AS), kepiting hijau memperbaiki masalah ekologi yang disebabkan manusia,” ungkap Mark Bertness, ekologis perairan dari Brown University seperti yang dikutip Metrotv news.com.

Hasil yang diharapkan dari budidaya kepiting jenis scylla serrata ini, sebagian besar dari wideng mati di dalam kandang, hal itu disebabkan sifat agresif kepiting jenis tersebut. Keberadaan kepiting hijau ini menyebabkan ketakutan pada wideng yang tetap bersembunyi di dalam lubang sehingga tumbuhan bakau cepat dapat tumbuh kembali.

Namun perlu juga dijaga kelestarian populasi kepiting wideng (sesarma spp) demi keseimbangan ekosistem pantai dan keragaman spesies asli. Sebab, ekosistem yang seimbang dapat menjadikan lingkungan yang seimbang dan bermanfaat pula bagi manusia. (rohaniyati for TEC)

NB:
Spesies, jika disebut dalam nama ilmiah, disingkat dengan sp. (Contoh Phalaenopsis sp. — berarti “sejenis Phalaenopsis”, jika jamak disingkat dengan spp.).

Pada taksonomi hewan terdapat satu tingkat takson di bawah spesies: subspesies (disingkat ssp.(namun biasanya tidak ditulis pada nama ilmiah hewan). Pada taksonomi tumbuhan, fungi, danbakteri terdapat takson lain di bawah subspesies: varietas, subvarietas, dan forma.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s