Tips Memilih Jurusan di SBMPTN 2013

Hati-Hati Memilih Prodi di SBMPTN nanti, Pahami Peminat & Persaingan yang Ada

Helena Martha Friska, siswi SMA Methodist 2 peraih peringkat ke dua se-Indonesia untuk nilai rata-rata unas, cukup kecewa karena tak dapat lolos seleksi SNMPTN tahun ini di pilihan prodi Kedokteran UI, Akuntansi UI, dan Kedokteran USU.

Ketua Umum Panitia SNMPTN Akhmaloka, mengatakan panitia tidak menggunakan nilai unas sebagai acuan penetapan kelulusan SNMPTN. “Yang kita ambil dari unas hanya kelulusannya saja,” ujar Guru Besar sekaligus rektor ITB. Persaingan SNMPTN murni dari rapor semester I hingga semester V. Proses seleksi dilakukan oleh universitas pilihan pertama. Menurutnya, bisa jadi Helena memilih prodi dengan tingkat peminat yang besar. Ada yang dari 200 pelamar hanya satu yg diterima, jadi prosentasenya 0,6 persen. “Intinya helena itu kalah dalam seleksi”, ujarnya.

Pesan TEC : Ingatlah bahwa 50% kuota mahasiswa ditempati oleh SNMPTN, sedangkan untuk SBMPTN nanti memiliki kuota lebih kecil yakni 30% dan jalur mandiri 20%. Maka persaingan akan semakin ketat. Bukan berarti persaingan SBMPTN adalah siswa-siswi yang bodoh, bisa jadi banyak dari mereka seperti Helena, siswi pintar yang salah pilih prodi.

Penulis : Ms. Hanee

Disunting dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s