SBMPTN 2013 : INFO LENGKAP

Tahun 2013 ini panitia penerimaan mahasiswa baru PTN di Indonesia menerapkan beberapa aturan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Bukan hanya persiapan materi yang harus dipersiapkan, kelengkapan administrasi yang mendukung pun harus terpenuhi. Berikut ini Toto Education Center akan menyampaikan beberapa aturannya.

Disunting Oleh : Ms. Hanee @Toto Education Center

Sumber : laman resmi SBMPTN 2013

Pada peraturan penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun 2013/2014 ini ada beberapa perubahan. Kini jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dilaksanakan tanpa tes tulis (menggunakan nilai rapor) dan digratiskan, namun hanya lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2013 yang dapat mengikuti jalur ini. Sedangkan jalur masuk SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) diselenggarakan ujian tulis dan dikenai biaya pendaftaran. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013 dapat mengikuti ujian tulis ini.

Ujian tertulis SBMPTN menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Berikut ini mengenai

  • persyaratan pendaftaran,

  • penerimaan,

  • jenis ujian,

  • kelompok program studi,

  • biaya seleksi ujian tulis dan keterampilan,

  • tanggal-tanggal penting

yang kami rangkum dari situs resmi SBMPTN 2013 (http://sbmptn.or.id) adalah :

Persyaratan Pendaftaran

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.
  3. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Pendaftaran 

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  1. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.
  2. Pendaftaran online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.
  3. Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.

Jenis Ujian :

(1) Ujian Tertulis

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

(2) Ujian Keterampilan

  • Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan :

  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi Kelompok Saintek dan Program Studi Kelompok Soshum.
  1. Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu:

(1)    Kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek,

(2)    Kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi Soshum, dan

(3)    Kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyak 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok sainstek dan kelompok program studi kelompok soshum.

  1. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  2. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun.
  3. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
  4. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung tahun 2013, dan jumlah peminat program studi tahun 2012 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id mulai tanggal 15 Maret 2013.

Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan :

  1. Biaya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum sebesar Rp. 175.000,00, sedangkan untuk kelompok ujian Campuran sebesar Rp 200.000,00.
  1. Biaya seleksi untuk ujian keterampilan sebesar Rp 150.000,00 per jenis ujian keterampilan.
  2. Biaya seleksi dibayarkan ke Bank Mandiri. Jika dalam suatu daerah tidak ada kantor pelayanan Bank Mandiri, maka biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Kantor Pos setempat atau ATM Bersama. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada menu Tata Cara Pembayaran
  3. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Ketentuan Pembayaran:

Untuk melakukan pembayaran biaya seleksi, calon peserta dikelompokkan menjadi lima kategori, seperti ditunjukkan dalam tabel berikut:

KATEGORI

MENDAFTAR SNMPTN 2013

DITERIMA SEBAGAI CALON PESERTA BIDIKMISI

LULUS SNMPTN 2013

1

Tidak

Tidak

Tidak berlaku

2

Tidak

Ya

Tidak berlaku

3

Ya

Ya

Tidak

4

Ya

Tidak

Tidak berpengaruh

5

Ya

Ya

Ya

  • Bagi calon peserta kategori 1, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10000 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Bayar Awal untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.
  • Bagi calon peserta kategori 2 atau 3, tidak perlu membayar biaya SBMPTN.
  • Bagi calon peserta kategori 4 atau 5, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10001 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Tambah Bayar untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.

Prosedur Pembayaran:

Pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi siswa ataupun pembayar tidak perlu mencantumkan nomor rekening SBMPTN, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri. Pembayaran dapat dilakukan melalui channel berikut:

  1. Mandiri Internet
  2. Mandiri ATM
  3. Mandiri SMS
  4. Cabang Bank Mandiri
  5. Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri)

Tanggal-tanggal Penting

Tanggal

Keterangan

13 Mei 2013 pukul 08:00 WIB s.d. 7 Juni 2013 pukul 22:00 WIB Pendaftaran SBMPTN 2013
18-19 Juni 2013 Pelaksanaan Ujian tertulis
20 dan/atau 21 Juni 2013 Pelaksanaan Ujian Keterampilan
12 Juli 2013 pukul 17:00 Pengumuman Hasil Ujian

Pengumuman Hasil

Hasil ujian akan diumumkan pada hari Jumat, 12 Juli 2013 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

 

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

Alamat Panitia SBMPTN 2013: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl. Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689, e-mail: panitia@sbmptn.or.id.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s