Gelombang I 

KEGIATAN WAKTU
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 21 April – 10 Mei 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 28 April – 12 Mei 2014
Pengumuman lolos verifikasi online 28 April – 12 Mei 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 28 April – 14 Mei 2014
Pembayaran Biaya Ujian 2 – 15 Mei 2014
Pelaksanaan Ujian 18 Mei 2014
Pengumuman Ujian 20 Mei 2014
Registrasi Mahasiswa Baru 22 – 23 Mei 2014

 Gelombang II 

KEGIATAN WAKTU
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 20 Juli – 3 Agustus 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 21 – 26 Juli 2014 dan 4 Agustus 2014
Pengumuman lolos verifikasi online 21 Juli – 4 Agustus 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 21 Juli – 5 Agustus 2014
Pembayaran Biaya Ujian 4 – 7 Agustus 2014
Pelaksanaan Ujian 10 Agustus 2014
Pengumuman Ujian 12 Agustus 2014
Registrasi Mahasiswa Baru 14 – 15 Agustus 2014
 
PERSYARATAN 2014 PERSYARATAN PENDAFTARAN :

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang telah mendapatkan ijin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Lulusan dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara pada Tahun 2012, 2013 dan 2014. 
    Lulusan Tahun 2012 dan 2013 telah memiliki Ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.

Softcopy / Berkas / Dokumen Online yang harus dipersiapkan (Hasil Scan berupa file gambar/Jpeg):

  1. Ijazah / SKHUN / Kartu UNAS
  2. Surat Pernyataan SP3 Bermaterai >> Download   Form   SP3
  3. Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Biodata Pendaftaran Online dan File yang diupload >> Download
  4. Surat Pernyataan Kelengkapan Berkas >> Download
  5. File pas foto background warna (terbaru)

Alur Pendaftaran Online Mandiri 2014 << klik

Untuk pendaftaran Online silahkan kunjungi website : pendaftaran.unair.ac.id
Untuk berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online silahkan kunjungi facebook kami di :facebook.com/groups/ppmb.unair/ 
atau twitter di @ppmbunair 
atau telepon di 082245353531/085852520844 (hari biasa pukul 18.00-24.00, Sabtu-Minggu 08.00-16.00)

 

 

Setelah Pengumuman Lolos Verifikasi Online 28 April – 12 Mei 2014, 
Bagi Peserta yang lolos verifikasi akan mendapat sms atau email yang berisi 
kode voucher yang bisa dibayarkan pada Bank Mandiri sebagai biaya pendaftaran, 
adapun biaya pendaftaran sebesar 250 .000 Untuk kelompok IPA/IPS(2 pilihan prodi) dan 450 Untuk kelompok IPC (4 pilihan prodi).
Pembayaran Bisa dilakukan melalui Teller Bank Mandiri maupun ATM, 
Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pilih pembayaran atau pembelian => Multipayment – masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => cek data di layar tekan 1 (IPA), 2 (IPS), 3 (IPC) muncul tampilan konfirmasi ok dst….

 

Materi Ujian Program Diploma 3

    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran
  • TES PRESTASI AKADEMIK :
      • KELOMPOK UJIAN IPA
        • Matematika
        • Biologi
        • Fisika
        • Kimia
        • Bahasa Inggris
      • KELOMPOK UJIAN IPS
        • Matematika
        • Sosiologi & Antopologi
        • Tata Negara
        • Ekonomi
        • Geografi
        • Sejarah
        • Bahasa Inggris
    • KELOMPOK UJIAN IPC
      • Materi ujian kelompok IPC adalah gabungan dari materi Kelompok Ujian IPA dan IPS

PERSYARATAN PENERIMAAN :UMUM

    1. Lulusan Tahun 2014 sekurang – kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
    2. Memiliki kesehatan fisik dan jiwa yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

KHUSUS

No. Program Studi Persyaratan khusus, tidak diterima sebagai mahasiswa apabila :
1. Radiologi
  1. Tinggi badan minimal 155 cm
  2. Tuna netra
  3. Buta warna keseluruhan dan buta warna sebagian
  4. Tuna rungu
  5. Tuna wicara
  6. Ada gangguan fungsi anggota gerak dengan atau tanpa koreksi
2. Fisioterapi
  1. Tinggi badan minimal 155 cm
  2. Buta warna keseluruhan
  3. Ada gangguan fungsi anggota gerak dengan atau tanpa koreksi
3. Analis Medis
  1. Tuna netra
  2. Buta warna keseluruhan dan buta warna sebagian
  3. Tuna rungu
  4. Tuna wicara
  5. Ada gangguan fungsi anggota gerak dengan atau tanpa koreksi
4. Pengobatan Tradisional
  1. Tuna netra dan low vision
  2. Rata – rata ambang pendengaran kedua telinga kurang dari 40 db dengan membran timpani normal
5. Kesehatan Ternak
  1. Tuna netra dan low vision
  2. Buta warna keseluruhan dan buta warna sebagian
  3. Tuna rungu
  4. Tuna wicara
  5. Ada gangguan fungsi anggota gerak dengan atau tanpa koreksi
6. Sistem Informasi
  1. Tuna netra dan low vision
  2. Buta warna keseluruhan
  3. Tuna rungu
  4. Tuna wicara
7. Otomasi Sistem Instrumentasi
  1. Tuna netra dan low vision
  2. Buta warna keseluruhan
  3. Tuna rungu
  4. Tuna wicara
8. Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  1. Tuna netra
  2. Buta warna keseluruhan dan buta warna sebagian
  3. Tuna rungu
  4. Tuna wicara
  5. Ada gangguan fungsi anggota gerak dengan atau tanpa koreksi

 

BIAYA PENDIDIKAN TAHUN AJARAN 2014/2015

PROGRAM STUDI JENJANG SOP (RP)
*)
SP3 (RP)
**)
KELOMPOK IPA
Analis Medis D3 2.500.000 3.000.000
Radiologi D3 4.000.000 5.000.000
Fisioterapi D3 2.500.000 5.000.000
Pengobat Tradisional D3 2.500.000 3.250.000
Teknik Kesehatan Gigi D3 4.000.000 6.000.000
Kesehatan Ternak D3 2.500.000 6.000.000
Sistem Informasi D3 4.000.000 7.500.000
Otomasi Sistem Instrumentasi D3 4.000.000 4.000.000
Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja D3 3.000.000 3.500.000
KELOMPOK IPS
Akuntansi D3 2.000.000 5.000.000
Perpajakan D3 2.000.000 5.000.000
Manajemen Pemasaran D3 2.000.000 5.000.000
Manajemen Perhotelan D3 2.500.000 6.000.000
Manajemen Perbankan D3 2.000.000 5.000.000
Manajemen Kesekretariatan & Perkantoran D3 2.500.000 6.000.000
Teknisi Perpustakaan D3 1.500.000 3.500.000
Kepariwisataan / Bina Wisata D3 2.000.000 5.000.000
Bahasa Inggris D3 2.000.000 5.500.000

BIAYA PENDIDIKAN PROGRAM DIPLOMA DAN ADAPTASI BAGI MAHASISWA ASING TAHUN AJARAN 2014/2015

PROGRAM STUDI JENJANG SOP (RP)/SEMESTER
*)
SP3 (RP)
**)
KELOMPOK IPA
Analis Medis D3 6.250.000 18.750.000
KELOMPOK IPS
Akuntansi D3 5.000.000 12.500.000
Perpajakan D3 5.000.000 12.500.000
Manajemen Pemasaran D3 5.000.000 12.500.000
Manajemen Perhotelan D3 6.500.000 15.000.000
Manajemen Perbankan D3 5.000.000 12.500.000
Manajemen Kesekretariatan & Perkantoran D3 6.500.000 15.000.000
Teknisi Perpustakaan D3 5.000.000 10.000.000
Keterangan
*) = Dalam satuan Rupiah / semester, kecuali disebut khusus
**) = Dibayar satu kali, dalam satuan Rupiah, kecuali disebut khusus
SOP = Sumbangan Operasional Pendidikan
  (dibayarkan setiap semester tanpa tambahan biaya perkuliahan)
SP3 = Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan
  (dibayarkan sekali pada saat diterima)
 
Registrasi

  • Para peserta ujian dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.
  • Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
  • Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online. Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
  • Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR – tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
  • Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
  • Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.