Jamur Kuping Merah, Kini Aku Tahu !!

Ensiklopedi Tanaman : Jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae)

Sore tadi, saat memotong rerimbunan tanaman brotowali di halaman TEC, kami menemukan jamur kuping merah. Nampaknya, kayu mati yang menjadi sandaran brotowali menjadi media yang cocok bagi si Jamur. Sebab, kondisinya lembab karena basah oleh hujan dan  sedikit cahaya matahari yang dapat menembus rerimbunan brotowali.

Jamur kuping merah yang dikenal dengan nama latin Auricularia auricula-judae ini pun menjadi bahan percobaan siswa-siswi TEC yang duduk di sekolah dasar. Mereka sangat antusias mengamati dan menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan. Diantaranya, mengenai sistem perkembangbiakan jamur, tempat hidupnya, hubungan dengan tumbuhan inangnya.

Jamur

Jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil, sehingga bersifat heterotrof (organisme yang membutuhkan senyawa organik dimana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya). Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif atau saprofit. Cara hidup jamur lainnya adalah melakukan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidup bersimbiosis, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat bagi inangnya. Misal, jamur yang hidup di tanaman kacang-kacangan atau pada liken.

Sedangkan cara hidup jamur kuping merah yang kami temukan sore itu tergolong saprofit yaitu, organisme yang hidup dan makan dari bahan organik yang sudah mati atau yang sudah membusuk.

Habitat jamur bermacam-macam, meskipun kebanyakan hidup di darat namun ada beberapa jamur yang hidup di air dan bergabung (berasosiasi) dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit. Jamur hidup menempel di organisme yang sudah mati atau pun yang masih hidup.

Ada bermacam-macam jamur, ada yang tak dapat dikonsumsi karena  beracun dan ada pula yang dapat dikonsumsi. Termasuk salah satunya jenis jamur kuping merah ini.

Jamur Kuping Merah

Jamur ini merupakan salah satu kelompok jelly fungi karena memiliki tekstur jelly yang unik, melengkung seperti daun telinga. Termasuk ke dalam kelas Basidiomycota, jamur jenis ini mudah dilihat dengan mata telanjang (mikroskopis) tanpa dibantu alat khusus.

Tekstur jamur ini kenyal jika dalam keadaan segar, namun menjadi keras seperti tulang saat kering. Bagian tubuhnya yang tampak seperti daun telinga itu bisa memiliki diameter 2 hingga 15 cm. Jamur kuping merupakan salah satu jamur konsumsi yang umum dikeringkan terlebih dahulu, kemudian direndam dengan air dalam waktu relatif singkat sehingga jamur ini akan kembali seperti bentuk dan ukuran segarnya.

Cara Berkembangbiak (Reproduksi)

Jamur kuping ini memiliki dua cara perkembangbiakan yakni secara kawin (generatif) dan tak kawin (vegetatif). Cara reproduksi generatif adalah dengan menggunakan alat yang disebut basidium, basidium berkumpul dalam badan yang disebut basidiokarp, yang selanjutnya menghasilkan spora yang disebut basidiospora. Sedangkan cara reproduksi vegetatif adalah dengan membentuk tunas dengan konidia dan fragmentasi miselium.

Siklus hidup pada jamur kuping hampir serupa dengan siklus hidup pada jamur tiram dan shiitake yaitu tubuh buah yang sudah tua akan menghasilkan spora yang berbentuk kecil, ringan, dan jumlahnya banyak. Apabila spora tersebut jatuh pada kondisi dan tempat yang sesuai dengan persyaratan hidupnya (misalnya di kayu mati atau bahan yang mengandung selulosa dan dalam kondisi yang lembap) maka spora tersebut akan berkecambah dan membentuk miselium melalui beberapa fase.

Manfaat Jamur Kuping

Jamur kuping memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya untuk mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Bila jamur kuping dipanaskan maka lendir yang dihasilkannya memiliki khasiat sebagai penangkal (menonaktifkan) zat-zat racun yang terbawa dalam makanan, baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, maupun racun berbentuk logam berat. Kandungan senyawa yang terdapat dalam lendir jamur kuping juga efektif untuk menghambat pertumbuhan karsinoma dan sarkoma (sel kanker) hingga 80-90% serta berfungsi sebagai zat anti koagulan (mencegah dan menghambat proses penggumpalan darah). Manfaat lain dari jamur kuping dalam kesehatan ialah untuk mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi), pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan darah, kekurangan darah (anemia), mengobati penyakit wasir (ambeien), dan memperlancar proses buang air besar.

Ditulis oleh Hanee @ Toto Education Center

Daftar Istilah

Auricularia auricula-judae           =  jamur kuping merah

Klorofil                                                  =  zat hijau daun

Fragmentasi miselium                   =  pemutusan benang hifa

Konidia                                                 =  spora yang dihasilkan dengan jalan membentuk sekat melintang pada ujung hifa atau dengan diferensiasi hingga terbentuk banyak konidia. Setelah masak, konidia paling ujung dapat melepaskan diri

Selulosa                                               =  merupakan senyawa organik dengan rumus (C6H10O5)n,Selulosa merupakan komponen struktural utama dinding sel dari tanaman hijau, banyak bentuk ganggang dan Oomycetes. Beberapa spesies bakteri mengeluarkan itu untuk membentuk biofilm.

Parasit obligat                                  =  hanya dapat hidup pada inangnya, sedangkan di luar inangnya tidak dapat hidup (parasit sejati)

Parasit fakultatif                              =  parasit yang dalam keadaan normal hidup mandiri, tetapi karena sesuatu sebab terpaksa hidup sebagai parasit.

Saprofit                                                =  organisme yang hidup dan makan dari bahan organik yang sudah mati atau yang sudah membusuk.

Simbiosis mutualisme                    =  hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan

Basidiomycota                                  =  takson dengan Kingdom Fungi yang termasuk spesies yang memproduksi spora dalam bentuk kubus yang disebut basidium

Sumber

#wikipedia.com

#iswadi yusuf.blogspot.com

#id.answer.yahoo.com

#yeadhi.blogspot.com

#kamus besar Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s